Eva Silvani, Mompreneur Kretif yang Membantu Perempuan di Sekelilingnya

 

(Sumber: instagram.com/e_silvani)

Berawal dari kecintaannya akan negeri Ginseng Korea, Eva Silvani merintis brand tour & travelnya sendiri bernama Kimchie Tour & Travel. Mencapai kondisi Work-Life Balance adalah  motivasi terbesar Eva ketika memulai bisnis tersebut. Sebagai seorang perempuan sekaligus ibu rumah tangga, Eva berusaha untuk dapat mengatur dan membagi tanggung jawab pekerjaan, kehidupan keluarga, dan studi yang saat itu tengah dijalaninya. Dengan memiliki work-life balance,Eva dapat menjadi lebih produktif dan dapat mengekplorasi hobi atau kemampuaan lain yang dimilikinya.

Eva menceritakan bahwa salah satu tantangan yang dia hadapi ketika ingin memulai bisnis tersebut adalah membuat sistem dapat memberikan kesempatan kepada perempuan dengan tetap fokus dengan keluarga sekaligus bisa mengembangkan bisnis atau kompetensi lain yang dimilikinya. Sistem tersebut juga diterapkan ketika Eva akan merekrut karyawan di bisnis yang dimilikinya. 

(Sumber: instagram.com/e_silvani)

Kesempatan perempuan untuk terlibat dalam kegiatan pariwisata terbuka lebar. Hal ini diungkapkan oleh Eva bahwa dengan adanya kemajuan teknologi mampu memberikan kemudahan kepada perempuan untuk dapat meningkatkan kompetensi diri yang dimilikinya. Upaya meningkatkan kompetensi diri tersebut dapat dilakukan oleh perempuan dengan memiliki keinginan untuk terus belajar. Saat ini, kemudahan mengakses informasi menjadi salah satu modal yang menurut Eva dapat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi diri setiap perempuan.

Tidak dapat dipungkiri, perempuan memiliki keterbatasan, baik sebagai seorang karyawan maupun wirausaha di industry pariwisata. Keterbatasan tersebut diungkapkan oleh Eva berkaitan dengan waktu dan tanggung jawab seorang perempuan kepada keluarganya. Di era digital saat ini memunculkan pekerjaan-pekerjaan baru di industry pariwisata yang memberikan kesempatan kepada perempuan untuk terlibat, seperti social media marketing, content writer, web developer,dan pekerjaan lainnya. Berbagai peluang pekerjaan tersebut lah yang menurut Eva dapat dimanfaatkan oleh perempuan.

(Sumber: instagram.com/e_silvani)

“Jangan jadikan keterbatasan yang kita miliki membuat kita berhenti untuk berkarya.”

Eva Silvani – Owner Kimchie Tour & Travel

Melalui usaha yang dirintisnya, Eva berusaha memberikan kesempatan kepada perempuan disekelilingnya untuk dapat mengembangkan diri dan mendapatkan pengalaman yang lebih luas.  Dengan keterbatasan yang dimiliki oleh karyawan dan dirinya sebagai seorang ibu rumah tangga, Eva menekankan bahwa transparansi, baik dalam hal pembagian kerja, upah yang lebih fleksibel. Sistem kerja tersebut diterapkan oleh Eva supaya terwujudnya keseimbangan antara tanggung jawab pekerjaan dan urusan rumah tangga. 

Sebagai seorang mom entrepreneur, Eva memberikan semangat kepada perempuan yang ingin mengembangkan bisnis untuk jangan takut memulai. Tekuni sesuatu yang kita suka dan terus belajar untuk mengembangkannya menjadi sesuatu yang jauh lebih bermanfaat. Eva memiliki harapan bahwa melaui pengalaman dan cerita yang dimilikinya dalam membuka usaha dapat menjadi penyemangat untuk perempuan-perempuan lain yang ingin mengembangkan kariernya. 

 

ditulis oleh Lulu

womentourism.id | 5 Februari 2021