Berita Acara WTIDcamp 2 Class 5: How To Create a Great Content Marketing And Achieve The Objective

09 Februari 2023

Pada Hari Selasa, 7 Februari 2023 Women in Tourism Indonesia telah melaksanakan kelas kelima dengan judul “How To Create A Great Content Marketing And Achieve The Objective”. Pembicara kelas ini adalah Kak Deasy Nurmalasari, seorang Konsultan UN Women, CEO karyanusantaraid dan Expert Team ukmindonesiaid. Pada kelas ini dijelaskan mengenai pemahaman secara dasar content marketing sebagai strategi pemasaran secara digital berupa konten relevan yang ditujukan kepada audiens. Diantara manfaatnya adalah untuk meningkatkan brand awareness dan konversi audiens.

 

Menurut Kak Deasy, digital marketing itu penting karena akan menjadi potensi atau peluang khususnya dalam dunia digital. Setelah pandemi, banyak penduduk yang awalnya tidak pandai berdigital, menjadi untuk berdigital. Berdasar We Are Social, sekitar 66% populasi di dunia telah menggunakan internet. Sedangkan di Indonesia pengguna internet mencapai sekitar 210 juta. Internet bisa dijadikan sebagai sarana digital atau tempat untuk melakukan pemasaran secara efektif melalui kontent kepada audiens.

 

Pemasaran efektif merupakan proses memberi tahu konsumen hingga terkonversi menjadi transaksi penjualan selanjutnya dapat digunakan untuk inovasi. Terdampat 4 tahapan atau ruang lingkup penting jika ingin mencapai pemasaran yang efektif, yakni promosi dan branding (memberitahu produk, meyakinkan pembeli, dan membangun image positif), komunikasi pelanggan (membuat konsumen tertarik hingga bertanya), berjualan (menurunkan resiko pembatalan pembeli), dan inovasi berbasis masukan konsumen (mendengar keluhan, review, kritik dari konsumen untuk membangun inovasi yang baru). 

 

Pemasaran juga memerlukan wadah yang sesuai dengan tujuannya, salah satunya media online. Memasarkan sesuatu pada media online juga terdapat beberapa kategori, antara lain untuk pameran online (facebook, instagram, linkedin, wa katalog), untuk komunikasi (email, whatsapp, dm instagram dan facebook), dan untuk berjualan hingga transaksi (marketplace, grabfood, dan gofood). Memilih media sosial juga harus disesuaikan dengan target konsumen, mulai dari umur, daerah, kira-kira target tersebut menggunakan media sosial apa saja. Sehingga penjualan sesuai dengan sasaran audiens yang dituju. 

 

Selain ruang lingkup, perlu memahami konten digital yang efektif. Konten yang berkaitan dengan promosi perlu dibuat menarik dan relevan sehingga calon pembeli akan tertarik. Tujuan membuat konten promosi setidaknya harus memiliki brand awareness berupa edukasi terkait agar orang mau membeli, membangun citra brand untuk memperkuat positioning brand di mata masyarakat, dan penjualan untuk membuat orang ingin membeli produk atau jasa yang ditawarkan. 

 

Ketiga, yang tak kalah penting adalah mempersiapkan aset digital berupa foto dan video. Hal yang harus diperhatikan sebuah brand harus memiliki nama usaha, logo usaha sebagai identitas penting agar produk mudah dikenal. Konten foto dan video bisa dibuat dengan menampilkan ragam produk, berupa katalog, video reels, postingan instagram, brosur dan sebagainya sehingga memudahkan pembeli untuk mengetahui detail barang atau jasa yang akan mereka beli. Jangan memasang foto yang tidak indah, menuliskan deskripsi tidak lengkap sehingga menampilkan kesan yang tidak professional. Tambahkan deskripsi dan informasi yang jelas, serta mengoptimalkan link kontak yang mudah dihubungi seperti wa.me dan linktree.