Kamu Perempuan dan Terlibat di Industri Pariwisata? Yuk Ikutan Talkshow Daring yang Digelar WTID

24 Juli 2020

SOBAT Galwis tahu ndak kalau 55,07% pekerja pariwisata di Indonesia itu ternyata adalah perempuan. Itu hasil riset yang dilakukan oleh UNWTO lho gaes, jadi valid tentu saja.

Namun ternyata, masih ada kesenjangan upah di sektor pariwisata di mana perempuan hanya mendapatkan 30,07% lebih kurang daripada laki-laki. Karenanya, perlu adanya dorongan agar lebih banyak perempuan untuk memasuki industri pariwisata sekaligus mensejajarkan peran dan penghasilan mereka.

Biasanya, kaum perempuan ini tidak kalah dalam melahirkan inovasi yang kreatif dalam diversifikasi produk objek, atraksi wisata utama, penyediaan jasa akomodasi, dan makanan dan minuman. Nah berangkat dari hal ini, Women in Tourism Indonesia (WTID) terus berupaya agar perempuan yang terlibat dalam sektor pariwisata tidak hanya berada dalam ranah domestik tetapi juga ranah publik seperti pada lingkup kebijakan, manajemen, bisnis, hingga organisasi.

Bekerjasama dengan Conservation International Indonesia (CI), sebuah organisasi yang melindungi keanekaragaman hayati bumi, berkolaborasi bersama mengangkat peran perempuan dalam menghadapi peluang dan tantangan pariwisata di Indonesia. WTID sendiri merupakan platform utama yang mempromosikan kesetaraan gender melalui dunia pariwisata baik offline maupun online.

“Kami akan berbagi kepada khalayak umum tentang hal ini dengan menghadirkan 8 praktisi pariwisata perempuan melalui acara online talkshow. Ide ini kami hasilkan bersama karena masih sedikitnya riset dan pembahasan praktis mengenai perempuan dan pariwisata di Indonesia. Oleh karena itu, WTID dan CI ingin memperluas cakrawala pembahasan isu-isu gender dalam sektor pariwisata,” terang narahubung Lulu melalui rilisnya.

Galeri Wisata

Sekurangnya delapan narasumber yang tergabung dalam acara ini cukup beragam dan berasal dari berbagai latar belakang seperti organisasi nirlaba, industri, dan pelaku bisnis. Harapannya, talkshow ini dapat menjadi ruang khusus perempuan pariwisata untuk bergerak, berinovasi dan berekspresi bersama di dalam wadah yang positif dan menyebarkan energi kebaikan.

Kapan waktunya? Nih bagi kamu yang tertarik ikutan, simak baik-baik talkshow #WTIDtalk akan dilaksanakan secara daring (Zoom & YouTube Live), Sabtu (1/8) jam 09.00-11.30 WIB.

Pembicara terbagi dalam 2 sesi. Sesi pertama dengan topik mengidentifikasi peran perempuan dalam usaha dan organisasi pariwisata yang berbasis masyarakat akan disii oleh Ellys (Kendari): Instruktur selam & Pemilik Alexa Scuba, Ranny Iriani Tumundo (Raja Ampat): Pemandu Wisata HPI Raja Ampat & Pemilik Travel Ethnic Journey, Sanawiyah (Sumbawa): Manager BUMDES Labuhan Jambu dan Anindwitya Rizqi Monica (Yogyakarta): Founder Women Tourism Indonesia.

Adapun sesi II dengan topik peluang dan tantangan perempuan dalam pemanfaatan teknologi sebagai upaya inovasi pariwisata, pembicaranya adalah Rani Bustar (Papua): Pemilik Kurabesi Explorer, Radempta Bato (Sumba): Chairwoman Sumba Hospitality Foundation, Artin Wuriyani (Yogyakarta): Direktur Bisnis & Development HS Silver, Co Founder @coachcircle.id dan Lita Hutapea (Jakarta): Elasmobranch Project Coordinator CI Indonesia.

Acaranya dijamin santuy gaess dan tentu saja free alias tidak berbayar. Bincang santai disertai paparan foto atau video kegiatan narasumber diselingi musik daerah dan tentu saja kuis berhadiah.

Tertarik? Cusss hubungi Lulu (082133578941)

Artikel ini dipublikasikan pada laman galeriwisata.id | 19 November 2019